Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening

Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening


Tak sedikit yang takut ketika menemukan benjolan di leher. Takut, jangan-jangan itu adalah penyakit berbahaya seperti kanker. Padahal, ada banyak penyebab selain kanker yang sering terjadi yaitu pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi.


Fokus pembahasan dalam artikel ini adalah tentang pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Kami akan memberi gambaran apa saja penyebabnya dan apakah kondisi itu berbahaya atau tidak.

Tahukah Anda, kelenjar getah bening tersebar di seluruh tubuh, tapi ada tempat-tempat tertentu yang lebih banyak memilikinya. Salah satu yang terbanyak yaitu di leher. Normalnya, tidak akan teraba karena berukuran kurang dari 1 cm (diameter), tapi saat ada penyakit, maka munculah benjolan yang terlihat dari luar.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di Leher


Karena tiap lokasi kelenjar getah bening bertanggung jawab terhadap area tertentu pada tubuh, maka hal pertama yang harus dicermati adalah terletak dimana kah pembengkakan kelenjar getah bening di leher itu. Dari situlah kita dapat menduga dimana sumber masalahnya.

Infeksi kronik pada kelenjar getah bening

Jenis infeksi kronik yang sering menyebabkan kelenjar getah bening di leher membengkak adalah kuman Mycobacterium tuberculosa atau TBC kelenjar. Hal ini dapat terkait dengan TBC paru paru ataupun tidak.

Tapi, ketika pasien minum obat TBC (OAT : Obat Anti TBC) maka kelenjar dapat mengempes secara perlahan.

Kanker kelenjar getah bening di leher

Pada kasus kanker, kelenjar getah bening akan teraba keras dan susah digerakan dari jaringan sekitar. Kecepatan tumbuh bermacam-macam, tapi umumnya tidak cepat. Sehingga, seringkali luput dari perhatian. Tahu-tahu sudah besar dan stadiumnya lanjut.

Pada stadium lanjut, kelenjar semakin besar bahkan bisa ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening di tempat lainnya seperti di lipat paha dan ketiak.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ada penyakit yang ringan yang lebih sering, dan ada juga penyakit yang sangat serius seperti kanker.

Sebagian besar kelenjar getah bening yang bengkak disebabkan oleh penyakit yang tidak berbahaya. Hanya disebabkan oleh infeksi. Saat infeksi diatasi dengan tepat maka kelenjar getah bening yang bengkak pun akan kempes dan normal kembali.

Meski begitu, kita harus waspada saat menemukan benjolan di leher. Jadi sudah sepatutnya itu ditelusuri penyebabnya hingga dipastikan bahwa itu tidak berbahaya. Kalaupun ada hal yang berbahaya, segera atasi sedini mungkin. Prinsipnya, semakin cepat diatasi semakin baik prognosisnya.

Komentar