Kunyit untuk Mengatasi Bengkak Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening memiliki fungsi untuk menghasilkan sel imun yang tugasnya sebagai 'pelindung' bagi tubuh. Tapi, ada beberapa kondisi yang membuat produksi sel imun menjadi berlebihan. Sehingga, pembengkakan kelenjar getah bening muncul.

Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi dimana kelenjar mengalami pembesaran sebagai reaksi dari kelainan yang terjadi pada tubuh. Kelenjar getah bening tersebar di beberapa bagian tubuh yaitu di ketiak, dagu, leher, belakang telinga, pangkal paha dan bagian belakang kepala.

Kelenjar getah bening yang membengkak bisa disertai dengan gejala nyeri ketika disentuh, Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas harian. Bagi Anda yang ingin mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening, cobalah untuk memanfaatkan kunyit. Ya, rempah yang satu ini dipercaya bisa mengatasi bengkak pada kelenjar getah bening. Bagaimana cara memanfaatkannya?

Kunyit untuk Mengatasi Bengkak Kelenjar Getah Bening



Kunyit merupakan salah satu rempah yang terkenal mempunyai sifat anti inflamasi untuk mencegah peradangan. Di samping itu, kandungan antioksidan dan sifat analgesik yang dimilikinya bisa mengurangi pembengkakan, nyeri dan melawan infeksi sehingga mempermudaah proses penyembuhan.

Cara membuat ramuan kunyit untuk mengobati kelenjar getah bening yang bengkak:


  • Campur 1 sendok makan kunyit bubuk dengan madu seperlunya.
  • Kemudian aduk hingga mengental seperti pasta.
  • Oleskan campuran tersebut ke bagian yang membengkak.
  • Biarkan selama 10 menit sampai ramuan tersebut meresap.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari
Cara lain yang lebih mudah yaitu dengan mengonsumsi suplemen kunyit. Tapi harus konsultasi dulu dengan dokter.

Komentar