Kelabat untuk Menurunkan Gula Darah

Kelabat untuk Menurunkan Gula Darah


Menjaga kadar gula darah tetap stabil memang harus konsisten dilakukan oleh para penderita diabetes. Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh melebihi kadar normal. Tak heran, berbagai cara baik yang sifatnya medis maupun non medis sering dilakukan.

Salah satu cara pengobatan yang sering dipilih yaitu mengonsumsi obat tradisonal. Karena obat tradisional lebih sedikit efek sampingnya. Bahkan ada yang hampir tidak mempunyai efek samping. Nah membicarakan obat tradisional, artikel ini akan membahas kelabat.

Kelabat atau fenugreek adalah tanaman beraroma wangi yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Bagaimana kinerja kelabat dalam menurunkan kadar gula darah? Simak penjelasannya berikut ini.

Kelabat untuk Menurunkan Gula Darah



Biji kelabat mengandung serat larut yang sangat tinggi. Sehingga bisa menurunkan gula darah dengan cara memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Itulah mengapa kelabat dinilai sebagai salah satu tanaman yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Beberapa riset bahkan sudah dilakukan untuk menyelidiki manfaat anti-diabetik dari kelabat. Beberapa diantaranya menunjukan bahwa biji kelabat bisa mengatasi gejala metabolik diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan toleransi gula darah.

Menurut salah satu riset di India, didapati bahwa mengonsumsi bubuk biji kelabat yang lemaknya sudah dihilangkan dapat menurunkan kadar gula darah puasa penderita diabetes tipe 1 yang ketergantungan insulin.
Riset tersebut juga menunjukan bahwa mengonsumsi bubuk biji kelabat yang lemaknya sudah dihilangkan mampu meningkatkan toleransi gula darah. Serta mampu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida. 

Mengonsumsi 15 gr bubuk biji kelabat secara rutin dapat menurunkan peningkatan gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 2.

Ada juga riset yang menunjukan bahwa mengonsumsi 2,5 gr kelabat 2 kali sehari selama tiga bulan bisa menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2 yang kondisinya belum parah.

Karena beberapa riset tersebutlah, kelabat dianggap sebagai jenis tanaman yang mampu menurunkan kadar gula darah. Sehingga bisa dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

Komentar